Rabu, 29 Mei 2013

Admin Bertopeng Saatnya Membuka Topeng

Teringat masa-masa awal pendaftaran fungsionaris, aku ngebet dan kepingin banget masuk department Bakat Minat, apalagi kakak-kakak kelas angkatan 2007 juga mengatakan mukaku Bakmi banget. Entah apa juga yang membuatku ingin masuk department tersebut, tapi yang pasti aku paling tertarik di department tersebut. Saat mengisi form pendaftaran, di kolom department yang diminati ada 2 kolom kosong, aku kira awalnya harus mengisi keduanya, maka dari itu jelas pilihan pertama aku memilih Department Bakat Minat, pilihan kedua benar-benar tidak mengerti mau ambil department apa. karena menurutku tidak ada yang cocok. Entah bagaimana juga aku menuliskan Department Informasi dan Komunikasi. Padahal dalam pandanganku, department ini adalah department pubdekdok banget dan aku tidak memiliki bakat dalam hal dekor-mendekor seperti itu. Saat wawancara department Inkom pun aku tidak wawancara face to face dengan sang kadep, hanya melalui SMS, karena memang saat itu aku sedang sibuk P3KMABA 2010 dimana saat itu merupakan debutku menjadi divisi Acara dan memang acara tersebut sangatlah merepotkan.

Saat pengumuman pun begitu kecewanya aku saat aku "dibuang" di department dimana aku tidak ada passion dan bayangan sama sekali yaitu Department Informasi dan Komunikasi. Banyak program di Department ini tapi aku akan berfokus pada Facebook Himasitra Petra. Pada awalnya, admin dari fb Hima adalah semua anggota dan kadep Inkom dimana sudah dibagi pembagian piket sedemikian rupa sehingga facebook tetap bisa eksis, aku kebetulan dapat piket hari Jumat. 2 minggu awal fb Hima cukup update setiap hari, tapi hal tersebut hanya seumur jagung, oleh karena kesibukan dari masing-masing anggotanya, facebook hima terbengkalai dan seakan-akan hanya update hari Jumat saja. Karena aku merasa fb Hima kurang update padahal banyak yang harus diumumkan, maka akhirnya aku mengambil alih menjadi admin sampai masa jabatanku habis. Dan perlu diketahui, saat itu hampir semua anggota dan kadepnya menggunakan blackberry yag notabene bisa membuka facebook dari HP tanpa harus membuka laptop, sedangkan aku yang hanya berhandphone kan Nokia 3500 Classic hanya mengandalkan laptop untuk bisa mengupdate facebook.

Sebenarnya banyak hal menarik saat menjadi admin bertopeng (julukan dari para Civilers untukku). Tiap kali update status dan banyak yang mengelike rasanya sangat senang sekali, aku merasa Civilers juga merasakan kehadiran Hima dan Hima bukan saja hanya sebuah organisasi eksklusif. Berikut contoh-contoh dari status yang masih bisa kutelusuri :


Tentu saja sangat shock saat dapat wall seperti ini di FB Hima, terlebih aku juga BPH dari majalah Creative, akhirnya permasalahan ini diselesaikan melalui jalur memppertemukan kedua belah pihak yang ditengahi oleh Ketua majalah Creative yang juga anggota Department Inkom


Senang rasanya bisa melihat like yang begitu banyak. Terlebih status mengenai Civil Camp ini, berkeplekan divisi Keamanan tidaklah membuat hubungan sesama Civilers menjadi buruk bukan?


Kalau status ini agak-agak jayus sih, karena lagi hangat-hangatnya UTS dan tidak sengaja melihat status dari keduanya maka aku pasang status ini dengan berlabelkan display name Himasitra Petra.

Adakah anda pernah membaca status seperti di bawah ini dengan label Himasitra Petra yang membuat statusnya?


Benar, ini sebenarnya adalah status dari BPMF 2 yang dicopas ke status Himasitra Petra oleh admin bertopeng, admin bertopeng tidak menambahkan atau mengurangi suatu apapun dari status ini, tapi yang mendapat sambutan luar biasa dari Rektorat dan applause dari seluruh Himpunan Mahasiswa Petra adalah Himasitra Petra. 
Suatu siang saat lagi cangkruk di P4, tiba-tiba aku Ketua Himaku, Ko Lim mengulurkan tangannya dan memberiku selamat, aku terang saja bingung saat itu, ternyata Ko Lim bilang bahwa Himasitra Petra diberi feed back yang positif oleh rektorat dan Hima yang lain saat Kongres oleh karena status copas ini, aku pun jujur pada Ko Lim bahwa aku hanya mengopas dari FB BPMF 2 tapi aku senang juga bila kami sesama keluarga UK Petra tidak saling menjatuhkan.

Selain itu aku juga berkenalan dengan angkatan 2003 yang bernama Ko Peter yang sekarang tinggal di Belanda gara-gara kedokku sebagai admin bertopeng ini. Ternyata Ko Peter dulu juga merupakan fungsionaris Himasitra Department Informasi dan Komunikasi. Friend Himasitra Petra pun bisa menjangkau untuk alumni juga sejak saat itu.

Walau bukan anggota divisi Sekretariat dan Pubdekdok, aku juga memanfaatkan topengku ini untuk membantu temanku Aei Li, koordinator divisi Sekretariat LKTB untuk mendapatkan peserta LKTB, karena memang saat itu ada 2 lomba beton bergengsi lain yang sedang jalan bersamaan dengan LKTB dengan hadiah yang lebih besar dari LKTB, kontan saja bila hanya mengandalkan cara divisi Sekretariat agak susah untuk dapat menjaring peserta yang bertargetkan 50 kelompok ini. Aku pun segera meng-add dan mengirimkan privat message mengenai LKTB ini ke Hima-hima sipil yang ada di Indonesia, sampai-sampai sempat fb hima diblock karena terlalu banyak meng-add Hima-hima lain, banyak yang tidak menanggapi tapi tidak sedikit pula yang memberikan tanggapan dan mendaftar, seperti dari Binus, untuk pertama kalinya *kayaknya*, Binus mengirimkan timnya untuk ikut LKTB.

Selama menjadi anggota Department Inkom banyak yang aku syukuri, ternyata sepertinya aku memang cocok di Inkom dibanding di Bakmi. Selain itu, saat sebelum menjadi fungsionaris, hubunganku ada yang tidak baik dengan salah satu anggota Inkom saat aku menjabat sebagai anggota pula. Tapi justru sejak kami bekerja sama, hubungan kami menjadi lebih baik bahkan dia mempercayaiku untuk menjadi BPH di programnya. Masa akhir jabatanku di Hima sebenarnya sangat sedih karena aku tidak memanfaatkannya secara penuh, karena perlu diketahui semester awal di Hima aku tidak ada semangat dan berencana untuk keluar tapi digagalkan oleh Kahimku. Di akhir masa jabatan kami, kami bertanya alasan apa saja yang membuat kami menjadi Inkomerz dan aku menyadari bahwa salah satu temanku sebenarnya juga ingin masuk Hima Inkom tapi tertolak, yang diterima malah idenya akan blog hima tapi justru dijalankan oleh orang lain. Yang menjadi pelajaran adalah, dimana dan sebagaimanapun kamu ditempatkan, entah kamu suka atau tidak, benar-benar jalani itu dengan sepenuh hati, saat kamu sudah menjalani hal itu, kamu akan bersyukur bahwa tidak semua orang dipercayai seperti kamu.


Me with Inkomerz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar