Jumat, 20 September 2013

TOEFL Course with Mrs Danawati

Sebelumnya aku sudah les di ULC Ubaya tapi aku merasa kurang dan aku mencoba cari info lagi tentang les Toefl di tempat lain, Celia memberiku refernesi Bu Dana ini. Aku pun nekad les sendiri selama 3 minggu. Cukup capek karena setiap hari harus kerja dan lanjut les sampai malam, awalnya aku sempat merasa capek tapi aku coba untuk mengingat jaman P3KMABA dulu, P3KMABA dengan mengurus skripsi jauh lebih mencapekkan dibanding les ini. Awalnya sempat kecewa karena materinya sama dengan di ULC, tapi metode pengajaran Bu Dana ini berbeda dan cukup gila menurutku, bayangkan saja 2 bulan di ULC dikebut 3 hari saja oleh Bu Dana, untung aku sudah les sebelumnya sehingga ada beberapa materi yang aku sudah mengenali. Memang banyak yang didapat dari Bu Dana, untuk listening, metode Bu Dana dengan mengulang pembicaraan di listening cukup membuat telingaku terbiasa. Structure, Bu Dana memberikan beberapa teori yang lebih mudah dipahami. Dan reading Bu Dana selalu menejemahkan semua bacaan sehingga aku bisa mencatati kata-kata sulitnya. Bu Dana juga mengajari auto suggestion, dimana metode ini untuk memberikan kepercayaan diri bahwa toefl itu mudah dan aku pasti bisa. Yang menjadi keunggulan dari les di Bu Dana ini karena beliau memberikan tes terus sampai 5x sehingga kita sudah terbiasa dengan jenis type soalnya, karena type soal Bu Dana ini dari ETS, lembaga yang sama seperti yang aku mau tes di Aminef. Saranku lebih baik kamu les dulu di ULC baru les di Bu Dana karena memang kalau mau banyak kemajuan harus punya konsentrasi yang tinggi dan kalau bisa jangan ada kenalan yang les bareng dengan kamu. Memang kemajuan nilai toeflku tidak begitu signifikan tapi bisa memberikanku sedikit kepercayaan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar