Sabtu, 13 April 2013

Kilas Balik Kerja Paruh Waktu Pagar Ayu


Aku dulu pernah menekuni dunia pagar ayu. Sekitar kelas X sampai dengan semester 6. Pagar ayu adalah pengantar tamu yang ada di pesta wedding atau ulang tahun. Akan tetapi tugasnya tidak hanya mengantar tamu saja, mereka juga mengatur dan membagikan botol dan gelas dalam prosesi pyramid fountain dan toast serta menyiapkan untuk cinciu, parade pedang dan membagikan kue kecil, membawakan fish bowl untuk doorprize dan hadiahnya. Terkadang jika memang dibutuhkan, ada yang stand by di bagian penerima tamu.

Namanya memang pagar ayu, tapi tidak semua pagar ayu berparas ayu, kadang bila memang banyak acara wedding, bahkan owner dari pagar ayu akan ambil anggotanya asal comot. Ada pula owner yang terlalu pemilih, kalau tidak benar – benar cantik seperti bintang film dan langsing, tidak akan dipilihnya.

Saat dulu pertama kali terjun di dunia pagar ayu, kebanyakan anggotanya adalah anak kuliahan, jadi aku yang masih SMA ini termasuk paling kecil. Jika sekarang sih justru baru kelas 1 SMP sudah ada yang join, justru jarang anak kuliahan. Mungkin karena incomenya tidak begitu menjanjikan.

Jangan bayangkan menjadi pagar ayu incomenya sebesar menjadi Event Organizer, secara pagar ayu tidak perlu banyak meeting dan mengkonsep acara. Meski terlihat tidak memerlukan skill khusus dan hanya modal tampang, sebenarnya tidak hanya itu saja loh, seorang pagar ayu juga harus ramah dan cerdas. Sebenarnya ada beberapa peraturan tak tertulis dalam dunia pagar ayu seperti :
  1. Satu meja berisi 10 tempat duduk lebih baik dipenuhi dahulu baru buka meja baru, hindari membuka meja cadangan tanpa seijin dari keluarga.
  2. Umumnya meja untuk resepsi berisi 10 orang, maka jangan menempatkan ganjil sehingga hanya tinggal kosong 1 kursi saja, karena kebanyakan tamu yang hadir biasanya beregu atau berpasangan, memang ada tamu yang sendirian tapi jarang sekali.
  3. Tempatkan tamu berpasangan (umumnya suami istri) dalam kondisi sebelahan, kalau ternyata ada 2 tempat duduk kosong tapi tidak bersebelahan, mintalah tamu yang lain untuk geser.
  4. Umumnya banyak yang mau membooking tempat duduk untuk teman atau keluarganya yang lain, jadi lebih baik member tanda pada kursi tersebut (menaruh serbet di kursi) sehingga dapat menandakan kursi tersebut jangan diisi oleh tamu yang lain.
  5. Jika ada tamu yang membawa anak kecil dengan perawatnya, tawarkan untuk ke lokasi kids corner. Bila tidak membawa perawat, jika masih dibawah 3 tahun, tawarkan agar anak kecil itu dipangku saja. Jika memang tamu tidak bersedia untuk memangku atau membawa ke kids corner ya jangan memaksakan kehendaknya.
  6. Dalam prosesi pyramid fountain dan toast, botol/gelas diberikan terlebih dahulu pada mempelai wanita baru mempelai pria, tetapi sebelumnya, harap mengambil flower bucket milik mempelai wanita.
  7. Kalau memang jumlah kue kecil terbatas, jangan mengumbar – umbar kue kecil pada tamu yang minta lebih, katakanlah “persediaannya terbatas suk/ayi nanti kalau masih sisa aku kasih ya”
  8. Kalau ada tamu yang tidak jelas untuk dipanggil ayi/suk, tapi terlalu tua untuk dipanggil ce, panggillah tamu tersebut dengan “ce”
  9. Sebelum menempatkan tempat duduk tamu, tanyakan dulu yang bertugas nge-pos karena mereka yang lebih mengerti meja mana saja yang sudah penuh, tidak boleh diisi dan mereka yang mengatur agar pas. Akan tetapi bila suasana terlalu ramai, tamu membeludak dan bagian yang nge-pos sibuk sedangkan tamu yang akan kamu antarkan mejanya jelas-jelas masih lowong, antarkan dulu tamu tersebut baru mengatakan ke yang ngepos, “meja nomer sekian aku isi 2 orang”



Sebenarnya masih banyak lagi peraturan tidak tertulis yang lain. Sebenarnya walau pagar ayu terlihat pekerjaan biasa, tapi ada suka duka dan kejadian – kejadian menarik lainnya saat menjadi pagar ayu.
Pernah suatu kali aku dapat job dari pagar ayu yang ownernya pemilih, biasanya aku dan ceceku sepaket kalau dapat job, oleh karena ceceku lebih cantik dan langsing, jadi ceceku yang sering dapat job. Aku hanya dijadikan cadangan saat banyak event. Pertama kali aku dapat job dip agar ayu tersebut, pestanya mewah di Imperial Ballroom 1, maka dari itu tamu yang dating pun banyak sekali, sempat kelabakan, saat itu ada dari EO memintaku untuk menempatkan penerima tamu di suatu meja. Aku pun menjalankannya, tiba-tiba saat kembali aku kena marah habis-habisan oleh ownernya, bahkan dia juga bilang,” yang nggaji kamu itu aku atau EO”, aku menahan tangis, tapi sempat tertetes walau hanya sedikit. Memang owner pagar ayu tersebut terkenal sangat menyayangi anak-anak yang disukainya, tapi dia membenci anak-anak yang tidak disukainya. Fee dibawah Rp 50.000,00 tidak lah pantas dia mengucapkan hal seperti itu.

Sudah lupakan mengenai masa lalu yang buruk, pernah pula ada kejadian yang cukup dramatis, suatu kali di suatu pesta di ballroom salah satu hotel bintang 5 di wilayah Surabaya Pusat, awalnya saat mengantarkan tamu berjalan seperti biasanya, saat itu aku dan cece kebagian tugas pyramid fountain dan toast, saat hendak membagikan gelas toast aku begitu kaget mengapa banyak orang berkumpul di tengah seperti mengerubuti begitu, ternyata papa dari pihak laki-laki pingsan dan kejang-kejang. Papa pihak laki-laki pun segera dibawa ke rumah sakit terdekat, akan tetapi sangatlah terlihat bahwa kedua mempelai sudah tidak bias menikmati pesta dengan nyaman, seluruh doorprize langsung dibagikan semua di depan, acara dipercepat. Beberapa minggu kemudian, aku mendapat kabar bahwa papa pihak laki-laki tersebut sudah meninggal. Cukup ironis bagi pasangan yang seharusnya menjadi saat yang bahagia bagi mereka berdua.

Ada lagi cerita dari ceceku, suatu kali dia dapat job dari owner pagar ayu pemilih, akan tetapi dibatalkan, karena ternyata calon mempelai laki-lakinya baru mengetahui bahwa dia bukanlah anak kandung dari orang tua yang membesarkannya. Orang tua yang membesarkannya memang cukup mapan di Surabaya. Sepertinya ada beban psikologis dalam diri calon mempelai laki-laki tersebut sehingga ia membatalkan pernikahannya.
Menjadi seorang pagar ayu tidak hanya membutuhkan wajah yang rupawan tapi juga bisa menjadi wakil dari penyelenggara pesta dalam menyambut para tamunya.

6 komentar:

  1. Mnta infonya bwt lowongan kerja jd pager ayu

    BalasHapus
  2. Mnta infonya bwt lowongan kerja jd pager ayu

    BalasHapus
  3. Bisa daftar pagar ayu? Jika bisa langsung contact saya diemail saya jeem2201@gmail.com , terimakasih☺

    BalasHapus
  4. info lowongan pagar ayu dong kaa

    BalasHapus